ASIA/PACIFIC REGIONAL COCOA IPM SYMPOSIUM

ASIA/PACIFIC REGIONAL COCOA IPM SYMPOSIUM

Asia/Pacific Regional Cocoa IPM Symposium dilaksanakan pada tanggal 9-11 April 2019 di Hotel Sheraton Bali Kuta Resort, Jl. Pantai Kuta, Kuta 80361 – Bali, Indonesia. Simposium dihadiri oleh 74 partisipan dari 11 negara yang berbeda. Simposium ini mengusung tema “Increasing the resilience of cacao to the major threats of pests and diseases in the 21st century”. Terselenggaranya simposium ini didukung oleh PT. Mars dan ACIAR.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia mengirimkan 5 partisipan dalam simposium tersebut. Partisipan yang hadir yaitu Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Dr. Agung Wahyu Susilo, S.P., M.P., Ir. Endang Sulistyowati, M.P., Indah Anita Sari, S.P., M. Si, Febrila Nur Aini, S.P., dan Aris Budiman, S.P.

Dalam simposium sebanyak 41 partisipan mempresentasikan hasil penelitian dan update terbaru terkait IPM pada tanaman kakao di daerah Asia Pasifik. Tema besar yang diangkat terkait hama kakao yaitu manajemen penggerek buah kakao (Conopomorpha cramerella) serta kemungkinan pengendaliannya dengan teknologi serangga mandul. Pada topik penyakit yang diangkat terkait update penelitian tentang  penyakit busuk buah oleh Phytophthora spp. dan penyakit VSD di Asia Pasifik.

Leave a Reply

Butuh bantuan?

Hubungi kami dengan pertanyaan seputar puslitkoka di: