Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP) Sukses Gelar Coca Week 2019

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia melalui Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP) sukses menggelar acara bertajuk “Coca Week”.
Kegiatan Coca Week berlangsung selama 4 hari pada tanggal 29 Juli sampai dengan 1 Agustus 2019 di Kantor Puslitkoka di Jl. PB Sudirman No 90 Jember.
Mengangkat tema “Pengembangan Agribisnis Kopi dan Kakao Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah”, Coca Week menekankan betapa pentingnya menggeliatkan usaha pengembangan kopi dan kakao untuk memaksimalkan potensi ekonomi daerah.
Coca Week berisi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Industry Gathering. Kegiatan FGD yang dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada 29 Juli – 30 Juli 2019 mengangkat tema “Dukungan Teknologi dan Kebijakan Dalam Meningkatkan Kerjasama Korporatif Antar Pemangku Kepentingan di Sektor Kopi dan Kakao di Wilayah Jawa Timur” dan “Mewujudkan Pembangunan Agroindustri Berbasis Kopi dan Kakao Dalam Menciptakan Coffee and Cocoa Preneur Inovatif”.
Acara Coca week dilaksanakan dengan kerjasama beberapa pihak, yakni CCSTP, Puslitkoka, Kementrian Riset, Teknologi & Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), Pemerintah Kabupaten Jember, dan sponsor dari Bank Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia.
Pada hari pertama, ada beberapa narasumber: Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Timur, Peneliti Senior Puslitkoka Dr. Soetanto Abdoellah, SU, wakil dari Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Jawa Timur, dan Bupati Bondowoso periode 2008-2018, Drs. Said Amin Husni yang telah sukses bekerjasama dengan Puslitkoka melakukan pendampingan petani untuk membentuk kawasan kluster Industri ”Bondowoso Republik Kopi (BRK)” untuk peningkatan kesejahteraan petani kopi di Bondowoso.
Pada hari kedua, narasumber yang hadir salah satu peneliti Puslitkoka, Hendy Firmanto, STP.,MSc mengenai Success story pengembangan teknologi proses produksi skala mikro dan edutourism berbasis kopi dan kakao. Dimana CSTP Puslitkoka telah sukses membuat sarana deseminasi alih teknologi kepada masyarakat melalui eduwisata CocoPark, yang dikunjungi rata-rata 150.000 ribu pengunjung per tahunnya. Dihadirkan juga narasumber dari startup Kopi Legendaris mitra CCSTP, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember, serta pelaku usaha café warunk upnormal, dan pemasaran digital online oleh Bukalapak.
Dalam FGD tersebut dihadiri juga Bupati Jember dr. Faida, MMR. Kehadiran Bupati Jember sekaligus launching regional branding “Jember Smart Coca City”. Dalam hal ini, Pemkab Jember akan membuat progam ekonomi kerakyatan dengan membuat 1000 rombong usaha cokelat jaringan, “Diperlukan peran Puslitkoka tentang penelitian cokelat, sehingga apabila masyarakat komunitas petani, ingin merespon hal ini. Pemkab siap memfasilitasi dengan memilih kluster-kluster di desa dan wilayah kopi dan kakao,” ucap Faida.
Dalam hal pengembangan IKM berbasis cokelat, Direktur Puslitkoka Dr. Agung Wahyu Susilo menjelaskan contoh daerah yang telah sukses didampingi Puslitkoka seperti Cokelat Mojopahit Mojokerto, Kampoeng Cokelat Blitar, Doesoen Kakao Banyuwangi.
Industry Gathering tutup acara Coca Week.
Untuk kegiatan Industry Gathering pada 31 Juli -1 Agustus 2019, berisi acara talkshow yang diisi oleh Ketua Dewan Pakar Puslitkoka Dr. Misnawi , dan Maestro Kopi Indonesia asal Puslitkoka Ir. Yusianto. Serta menghadirkan pula pelaku industri kopi dan kakao seperti warunk upnormal, Amanda brownies, IKM Cokelat Van Java Jember, Anjungan Nusantara PT. Garuda Indonesia diwakili oleh Direktur Operasional PT. Garuda Indonesia Wisata, serta kalangan entertainment yang terjun di dunia bisnis kopi, Riza Shahab yang membuka gerai kopi kesuwon di Jember. Juga perwakilan dari BRI Jember memberikan paparan mengenai permodalan bagi IKM pemula.
Melalui kegiatan Industry Gathering, diharapkan terjalin kerjasama bisnis untuk pengembangan kopi dan kakao yang bermanfaat ekonomi kerakyatan.
Selain itu untuk mendekatkan kopi dan cokelat kepada kalangan anak muda millenial, dibuat juga kompetisi kreasi produk makanan dan minuman berbasis cokelat dan kopi yang diikuti oleh SMA, SMK, dan Perguruan Tinggi di Jember.
Coca Week ditutup dengan pengumuman Coffee and Cocoa Prenuer Got Talent yaitu ajang pencarian startup baru yang akan bermitra dengan CCSTP. (Rais/Web)