Kunjungan Kerja Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) ke Puslitkoka dalam rangka Sinergi Pengembangan Kopi

Jember 5 Agustus 2019, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi beserta staff dari Bank BI pusat dan Bank BI cabang Jember berkunjung ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, yang disambut langsung oleh Direktur Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Agung Wahyu Susilo, beserta jajaran manajemen.
Dalam kunjungan tersebut, Rosmaya menekankan betapa pentingnya upaya kerjasama sinergi pengembangan kopi oleh banyak pihak, salah satunya oleh Bank Indonesia dan Puslitkoka.
“Sinergi ini bisa kita bangun melalui diadakannya kegiatan pelatihan bagi petani kopi, dan juga pendampingan,” ujar Rosmaya.
Upaya pelatihan merupakan awal langkah mengenalkan pada petani kopi bagaimana cara budidaya kopi dan pengolahan yang baik. Sedangkan pendampingan merupakan langkah selanjutnya, dimana petani bisa berkonsultasi jika ada kesulitan di lapangan, dan pengawalan bahwa proses budidaya dan hilirnya telah dilakukan sesuai prosedural yang akan memberikan mutu terbaik nantinya. Kegiatan ini harapannya juga untuk mendukung ekspor dan pertumbuhan ekonomi nasional.