Sunday , 22 October 2017
breakingfav ICCRI

LS-PRO CCQC

Leaflet CCQC

Justifikasi Biji Kopi dan Biji Kakao

Untuk produk Biji Kopi, Pemerintah Indonesia melalui Dirjen PPHP sedang mengkaji pemberlakuan biji kopi secara wajib, sedangkan untuk produk Biji Kakao  telah diundangkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tahun 2014 nomor 67 tanggal 21 Mei 2014 dengan nomor 67/Permentan/OT.140/5/2014 tentang  Persyaratan Mutu dan Pemasaran Biji Kakao, sehingga efektif diberlakukan secara wajib setelah 24 (dua puluh empat) bulan kemudian.

Sehubungan hal tersebut, dengan ini kami menawarkan layanan jasa dalam bentuk pra sertifikasi dan sertifikasi.  Secara operasinal terurai sbb:

1. Pra Sertifikasi:

a.    Mempersiapkan  kelompok tani/ Gapoktan/ Koperasi  untuk bisa mengajukan permohonan  sertifikasi produk Biji Kopi atau Biji Kakao.

b.    Pelatihan, Pemahaman terhadap persyaratan standar dan peraturan pemerintah terkait operasional sistim manajemen dan sistim proses produksi Biji Kopi atau Biji Kakao.

c.    Pemenuhan aspek legal dalam persyaratan sertifikasi

d.    Pemenuhan sarana dan prasarana minimal dalam persyaratan sertifikasi

e.    Praktek dan penerapan panduan mutu yang telah dibuat pada kelompok tani/ Gapoktan/ Koperasi termasuk staf Dinas Perkebunan yang membidangi.

2. Sertifikasi

a.      Pemahaman/ Tinjauan ulang terhadap proses sertifikasi dan skema sertifikasi.

b.      Peninjauan ulang Panduan Mutu yang telah dibuat.

c.      Peninjuaun praktek Audit Internal/ Pengawasan Mutu Internal dan Kaji Ulang Manajemen.

d.      Pengajuan permohonan sertifikasi ke lembaga LSPRO.

e.      Pelaksanaaan audit lapang dan sampling produk.

f.       Penentuan hasil sertifkasi.

Informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, dapat diakses melalui website www:i-ccqc.com atau dengan menghubungi Manajer Teknis Ir. Eko Mardiono HP. 085336235409.

Atas kerjasamanya yang baik disampaikan terima kasih.