Peresmian Jember Smart CoCa City oleh Bupati Jember, dr. Faida, MMR.

Peresmian Jember sebagai Smart Coca City (SSC)
Sebagai salah satu lembaga penelitian yang berada di Kota Jember, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia berusaha turut memajukan Jember dari bidang dimana Puslitkoka Indonesia terlibat di dalamnya. Selain di bidang penelitian, Puslitkoka kini juga terlibat dalam kegiatan bidang pariwisata (eduwisata khususnya), dimana ccstp (coffee and cocoa science techno park) adalah wadah untuk kegiatannya.
Menindaklanjuti langkah CCSTP untuk berperan aktif dalam kegiatan memajukan wisata Jember, Tanggal 30 Juli 2019, bertempat di Kantor Puslitkoka Indonesia, diadakan peresmian Jember sebagai Smart Coca City (SCC). Peresmian tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Jember, Faida. Acara tersebut selain dihadiri oleh staf Kemenristek Dikti, beberapa wakil perguruan tinggi, dinas perkebunan, instansi yang berkecimpung di perkebunan kopi dan kakao, dihadiri juga oleh banyak pelaku usaha.
Peresmian Jember sebagai SSC merupakai rangkaian acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh CCSTP dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan tinggi. FGD tersebut merupakan salah satu inti acara Coca Week yang diadakan CCSTP. Acara Coca Week yang diselenggarakan pada 29 Juli 2019 – 1 Agustus 2019 tersebut terdiri dari FGD, IG (Industri Ghatering), dan beberapa acara menarik lain seperti pameran kopi dan kakao, demo barista, coaching clinic coklat, dan talkshow pelaku industri.
Peresmian Jember sebagai SSC ini bertujuan untuk menunjukkan kualitas Jember sebagai kota penghasil kopi dan kakao yang bermutu. Juga sebagai tindak lanjut sinergi Puslitkoka Indonesia dengan pemerintah daerah Jember.