Rapat Kerja Pusat Unggulan IPTEK Tahun 2019: “Innovation for All”


Rapat Kerja Pengembangan Pusat Unggulan IPTEK Tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 30 – 31 Januari 2019 di Auditorium Widya Bakti Puspiptek, Serpong. Rapat Kerja dikuti oleh 109 PUI Litbang dan 28 PUI Perguruan Tinggi Indonesia. Rapat Kerja mengusung tema  “Innovation for All” yang memiliki arti kebersamaan antar lembaga Litbang dan bahwa inovasi yang dihasilkan oleh lembaga Litbang harus dapat dirasakan manfaatnya oleh semua pihak terutama masyarakat, serta berujung pada daya saing bangsa.

Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia sebagai salah satu lembaga yang telah ditetapkan sebagai Pusat Unggulan IPTEK Kopi dan Kakao sejak tahun 2012 hadir dan berpartisipasi aktif dalam Rapat Kerja kali ini. Tim PUI Kopi Kakao yang hadir dalam acara ini adalah Febrilia Nur ‘Aini, SP dan Ir. Mujiyantoro.

Dalam sambutannya, Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Ristek DIKTI, Ir. Kemal Prihatman, M.Eng menyampaikan bahwa sampai dengan tahun 2018, telah ditetapkan sebanyak 173 lembaga PUI dengan status 81 lembaga sudah ditetapkan, 52 lembaga dengan status pembinaan dan 4 lembaga dengan status non aktif. Selain itu juga disampaikan bahwa untuk dapat meningkatkan daya saing bangsa, maka hilirisasi riset dan inovasi penting untuk dilakukan dan tidak hanya di dalam negeri saja melainkan juga keluar negeri.

Agenda Rapat Kerja Pengembangan PUI ini salah satunya adalah menjaring peluang potensi sinergi antara lembaga PUI di Indonesia. Sinergisitas antar lembaga PUI telah diwadahi dalam platform berbasis ICT (Information Communication Technology) yang memasukkan seluruh data lembaga Litbang sehingga dapat berkomunikasi antar lembaga.