Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian Tahun 2019

Temu Nasional Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) Komite Akreditasi Nasional (KAN) dilaksanakan di Jakarta pada 28 Maret 2019 dan dihadiri oleh 1470 undangan yang merupakan perwakilan dari LPK di Indonesia yang antara lain berasal dari Laboratorium Penguji, Laboratorium Kalibrasi, Laboratorium Klinik, Lembaga Inspeksi, Lembaga Profisiensi dan Lembaga Sertifikasi. Laboratorium Penguji Puslitkoka (LP Puslitkoka) sebagai salah satu LPK yang diakreditasi oleh KAN turut hadir dalam acara tersebut yang diwakili oleh Manajer Mutu LP Puslitkoka, Febrilia Nur ‘Aini, SP.

Temu Nasional ini merupakan kegiatan rutin tahunan Komite Akreditasi Nasional sebagai forum komunikasi antara KAN dengan LPK yang diakreditasi oleh KAN yang bertujuan untuk menyatukan kembali komitmen pentingnya LPK yang diakreditasi KAN dalam memperkuat posisi Indonesia dalam menghadapi pasar global.

Acara dibuka oleh Ketua Standardisasi Nasional sekaligus Ketua Komite Akreditasi Nasional, Prof. Dr. Bambang Prasetya, M.Sc yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya akreditasi diharapkan dapat meningkatkan daya saing LPK di mata global baik dalam negeri maupun luar negeri serta mampu mewujudkan “One Certificate Accepted Everywhere”.

Agenda Temu Nasional kali ini antara lain adalah sosialisasi terkini mengenai ISO/IEC 17011: 2017 tentang “Conformity Assessment – Requirement for Accreditation Bodies Accrediting Conformity Assessment Bodies” , KAN U-01 tentang Syarat dan Aturan Akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian, KAN U-02 tentang Kategori Temuan, KAN U-03 tentang Penggunaan Simbol Akreditasi Komite Akreditasi Nasional dan KAN U-04 tentang Kebijakan Penggunaan Tanda Gabungan IAF-MLA / ILAC – MRA.