Monday , 22 December 2014
breakingfav ICCRI

Uji Citarasa Kopi Tahap I Tahun 2013

FOTO BERSAMA I 2013

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara penghasil “Specialty Coffee”. Tuntutan mutu yang tinggi dari konsumen perlu dicermati dan diupayakan untuk dipenuhi agar citra Indonesia sebagaiprodusen “Specialty Coffee” Arabika maupun Robusta tetap terjamin secara konsisten dan berkesinambungan. Mutu kopi yang baik dapat diperoleh antara lain melalui proses pengolahan yang baik dengan penampakan fi sik biji kopi yang tidak banyak cacat. Mutu fi sik biji kopi dapat dilihat dengan penilaian sistem nilai cacat, sedangkan aroma dan rasa kopi dapat diketahui dengan uji cita rasa. Cita rasa kopi tidak selalu berhubungan dengan sifat fi sik bijinya. Dengan demikian uji cita rasa merupakan rangkaian kegiatan pengujian mutu kopi yang tidak terpisahkan dalam sistem produksi.

Sejalan dengan semakin meningkatnya tuntutan para konsumen kopi terhadap cita rasa, maka akan semakin banyak diperlukan tenaga-tenaga penguji cita rasa kopi yang memiliki kemampuan dan keterampilan yang memadai. Dalam rangka memasyarakatkan pentingnya uji cita rasa kopi dan sekaligus menyiapkan tenaga penguji yang handal, pada tanggal 19 s.d. 21 maret 2013 Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia menyelenggarakan pelatihan uji cita rasa kopi. Diikuti 19 peserta dari beberapa perusahaan yaitu: Dan Kaffe Malaysia Sdn Bhd, PT. Anugrah Perasada Alam, PT. Aneka Coffee Industry, PT. Nestle Indonesia, PT. Indonesia Berdikari, Kombi Cafe, PT. Harvest Coffee Forenity, PT. Perkebunan Nusantara XII, PT. Anugrah Agrotekkindo, PT. Abe,dan PT. Bintang Tunggal Sejati. Tujuan diselenggarakannya pelatihan adalah :

  • Memberikan bekal teori dan praktek kepada para peserta tentang tata cara melakukan uji cita rasa kopi menurut prosedur yang benar.
  • Menghasilkan tenaga penguji cita rasa kopi yang handal.
  • Memberikan kemampuan dasar uji cita rasa serta kepekaan terhadap cita rasa kopi.