Judul : Peningkatan Kompetensi Manajemen Tanaman Penyegar Komoditas Kopi Kerjasama antara Puslitkoka dan Dirjenbun

Puslitkoka bekerjasama dengan Direktorat Tanaman Tahunan dan Penyegar, Direktorat Jenderal Perkebunan
Mengadakan acara Peningkatan Kompetensi Manajemen Tanaman Penyegar bertajuk Teknik Budidaya dan Pengolahan Kopi. Acara tersebut diadakan pada tanggal 8-10 Maret 2021 secara tatap muka di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dan daring melalui aplikasi Zoom.


Acara ini dihadiri Endy Pranoto, S.Sos, M.Sc. selaku koordinator Tanaman Penyegar beserta jajarannya, lebih dari 160 peserta yang berasal dari perwakilan dinas perkebunan dan petani kopi di seluruh Indonesia.
Dalam acara tersebut, sambutan diberikan oleh Dr.Agung Wahyu Susilo selaku Kepala Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia dan secara resmi dibuka oleh Bapak Heru Tri Widarto, S.Si, M.Sc. selaku Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar, Direktorat Jenderal Perkebunan.


Beberapa hal yang dilaksanakan dalam peningkatan kompetensi tersebut antara lain penyampaian materi tentang teknis budidaya kopi, yang di dalamnya terdapat muatan teknologi terupdate. Antusiasme para peserta juga turut menambah kemeriahan acara tersebut sehingga terjadi interaksi antara widyaiswara dan peserta. Acara tersebut diharapkan dapat memberikan wawasan yang komprehensif terkait dengan budidaya kopi sehingga dapat meningkatkan kompetensi para petani kopi khususnya di seluruh Indonesia.