Kunjungan Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa ke PUSLITKOKA

Kunjungan Gubernur Jawa Timur bersama Sekda Pemprov Jatim Heru Tjahjono, Kpw BI Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah, Kepala KPWBI Jember Hestu Wibowo, dan Tokoh Perkebunan Nasional HM Arum Sabil diterima oleh Kepala Puslitkoka Indonesia Agung Wahyu Susilo pada 30 Desember 2020 di Kantor Kaliwining Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Jatim Khofifah juga mengunjungi berbagai fasilitas hasil dari inovasi teknologi Puslikoka mulai dari hulu hingga hilir.

Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa lahan-lahan milik Pemprov Jatim yang belum produktif dapat dimanfaatkan Puslitkoka sebagai kebun percobaan budidaya kopi dan kakao.

Gubernur Jatim Khofifah berharap adanya kolaborasi antara Puslitkoka Indonesia dengan berbagai organisasi kepemudaan seperti Pemuda Ansor, Muhammadiyah, Pramuka, dan lain-lain. Sehingga pemuda Jawa Timur dapat berkontribusi sebagai sumber pemngembangan perkebunan di Jawa Timur.

Puslitkoka bisa menjadi inspirasi untuk sektor perkebunan kopi dan kakao di Indonesia. Saya ingin Jawa Timur mendapatkan manfaat yang besar Posisi Puslitoka yang ada di Jember, Jawa Timur seharusnya warga Jawa Timur mendapatkan referensi yang lebih dalam dan lebih luas untuk bisa langsung diterapkan sehingga produksi serta industri olahan kopi dan kakao di Jawa Timur semakin maju.

Kunjungan ini juga bertepatan dengan perayaan HUT Puslikoka ke 110. Gubernur Jawa Timur Khofifah menyampaikan ucapan selamatnya, “Selamat ulang tahun yang ke 110. Mudah-mudahan terus mencapai sukses, berkarya tanpa berhenti, dan lebih produktif lagi kedepan. Selamat dan sukses untuk Pusat Penelitian Kopi dan kakao Indonesia.”.



Leave a Reply